Gunung Lima: Menyambangi “Jurassic Park”-nya Pacitan

Hutan Gunung Lima Photo by: Hendra R. Suryaputra

Kota Pacitan menyimpan banyak sumber daya alam yang menakjubkan, mulai dari keindahan pantainya, keelokan goanya, hingga beragamnya kesenian adat dan budaya yang dimiliki. Itu semua hal yang lazim ditemukan di kota ini, namun ada satu tujuan travelling yang menurut saya tidak kalah mengesankan yaitu wisata alam Gunung Lima. Gunung Lima berada di desa Mantren, kec: Kebonagung , Kabupaten Pacitan , Jawa Timur. Untuk mencapai puncaknya, kita harus melewati hutan dan jalan setapak yang mana nanti kita juga akan dihadapkan oleh sebuah batu besar yang memiliki celah sempit dan kita diharuskan melewati celah tersebut untuk dapat mencapai puncak. Konon, menurut cerita yang beredar siapa saja yang berfikiran negativ dan tidak yakin akan muat di dalam celah tersebut maka orang itu benar-benar tidak akan muat melewatinya meski orang tersebut kurus. Sebaliknya meski orang itu gemuk namun jika yakin dapat melewati celah tersebut, maka seberapapun gemuknya orang itu akan tetap muat melewatinya.

Puncak gunung lima

Photo by: Hendra R. Suryaputra

Di puncak Gunung Lima, kita dapat melihat landscape Kota Pacitan secara menyeluruh itupun jika cuaca bersahabat. Jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih mengagumkan, coba datang diwaktu pagi atau senja hari, maka yang kita dapat adalah sensasi berada di istana awan, sebab puncak Gunung Lima akan diselimuti kabut tebal.

Gunung LimaAmazing mount 5

Photo by: Hendra R. Suryaputra

Pada saat itu rombongan saya berangkat menuju lokasi pada sore hari, sehingga inilah yang kami dapatkan di puncak. Pemandangan putih layaknya di atas awan, sungguh menakjubkan. Terlebih saat sesekali angin kencang berhembus menyingkirkan kabut-kabut yang menyelimuti gunung, maka akan tampak samar-samar puncak gunung yang lain yang membuat otak kita berimajinasi seakan berada di jaman para dinosurus, atau paling tidak berasa seperti di film Jurassic Park. Bagi pecinta petualangan silahkan dicoba jalur pendakian Gunung Lima Pacitan. Saran saya, bawa bekal yang banyak terutama ketersediaan air mineral karena medan yang cukup berat.

Tulisan ini telah diterbitkan juga di detik Travel

6 Tanggapan

  1. dulu pernah ngecamp di sana

  2. keren blognya bro.. lanjutkan 🙂

  3. tak melu komen. Tp dipatahkan ae mitose. nyatane seng kurus, pikirane negatif gek bengak-bengok “opo sedeng”? malah sedeng tenan, bareng sg lemu pikiran positif, nyatane ra sedeng tenan. wkwk.

    • balada kancil dan didin ki sajake sing di ceritakne..haha.. keberadaan mitos emang kadang hanya sebagai bumbu agar lebih menarik.wkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s