Pantai Taman: Spot Uji Adrenalin Hingga Peduli Satwa

Menelusuri pantai-pantai di sisi timur kabupaten Pacitan, sampailah kita disebuah pantai yang paling terkenal di kecamatan Ngadirojo, yaitu pantai Taman. Pantai Taman merupakan pantai berpasir coklat yang memiliki ombak cukup besar karena pantai ini berhadapan langsung dengan laut lepas bernama Samudra Hindia. Untuk menuju lokasi dari arah pusat kota Pacitan dapat melalui dua rute. Pertama, dengan melewati rute bus/ angkutan umum jurusan Pacitan-Lorok yang mana mengharuskan para wisatawan melewati jalan yang berliku dengan kombinasi tanjakan tajam kendati kondisi jalan telah halus dan juga lebar. Alternatif kedua yaitu dengan melewati akses Jalur Lintas Selatan, dengan melewati rute ini akan memberikan para wisatawan waktu tempuh yang lebih singkat yakni sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota.

DSC01580
Photo by Alfry Royadi

1502481_10202487148373937_788069010_n
Photo by Khoirul Umam

Pantai Taman adalah sebuah pantai yang memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai, sebab pantai ini telah dikelola oleh pemerintah daerah. Mulai dari ketersediaan toilet umum, warung makan, area out bond hingga penangkaran penyu. Hamparan pasir pantai yang luas sangat nyaman digunakan untuk berjemur. Namun bagi para pengunjung disarankan untuk tidak berenang di laut, sebab ombak yang besar dapat menyeret para pengunjung ke tengah lautan. Untuk tarif masuk kawasan wisata pantai Taman dikenakan biaya sebesar Rp.5000/ orang.

1010550_10202494280192228_1494435474_n Photo by Khoirul Umam

IMG_5790

Photo by Ardhani Aji. S

Bagi para pecinta uji adrenalin, lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Anda dapat mencoba salah satu wahana Flying Fox yang berada di sisi paling barat dimana Anda akan dimanjakan dengan aksi menantang dengan meluncur dari puncak bukit berketinggian hampir 100 meter dengan jarak luncur yang sangat jauh sekitar 400 meter. Selama meluncur menuruni bukit Anda dapat menikmati keindahan pantai Taman dari atas dan Anda akan merasakan sensasi layaknya terbang sungguhan. Untuk sekali meluncur setiap pengunjung dikenakan tarif Rp.25.000.

IMG_5768 IMG_5770
IMG_5774 IMG_5769

Photos by Ardhani Aji. S

Untuk para pengunjung yang phobia akan ketinggian jangan khawatir akan kecewa, karena ada spot alternatif lain yang dapat dikunjungi. Anda dapat berkunjung ke Kawasan Konservasi Penyu yang letaknya tidak jauh dari wahana flying fox. Di sini Anda akan dapat menjumpai banyak sekali penyu-penyu yang dibudidayakan. Dengan mengunjungi lokasi ini Anda akan merasa berada di Pulau Penyu, Bali. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan juga dapat mengikuti acara pelepasan anak penyu yang disebut tukik ke laut. Tarif kunjungan ke kawasan konservasi adalah sebesar Rp.2000 saja, cukup terjangkau kan.

So, Pantai Taman selain menyuguhkan pemandangan yang indah juga memberikan spot untuk menguji adrenalin para pengunjung serta dapat menjadi tempat wisata edukatif dengan adanya kawasan konservasi penyu di sana, sehingga bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan sangat rugi jika tidak menyempatkan mengunjungi pantai ini. Come on VISIT PACITAN!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s